Pages

Labels

Kamis, 17 Januari 2013

6 Suporter terfanatik di Indonesia

KIAS - Sepak bola dan suporter bagai gula dan semut, keduanya sudah menjadi satu kesatuan dan tak akan bisa dipisahkan. Perkembangan industri sepak bola Indonesia juga tak
lepas dari peran serta suporter fanatik masing-masing tim.

Berikut kami sajikan 6 suporter fanatik di sepak bola Indonesia yang diurutkan berdasarkan abjad.

1. Aremania

Dari namanya saja sudah terlihat jika Aremania adalah sebutan untuk pendukung Arema. Kelompok suporter ini termasuk yang paling loyal di Indonesia. Di setiap pertandingan baik di kota Malang maupun di luar Malang, Aremania setia mendampingi dengan cara sportif, atraktif dan simpatik. Semboyan mereka "Aremania tak kemana-mana tapi ada dimana-mana".

Hingga saat ini Aremania masih dikenal sebagai musuh bebuyutan dari Bonek mania. Hampir dipastikan akan terjadi tensi panas jika dua kelompok pendukung ini bertemu. Karena alasan yang sama, apabila apabila Persebaya bertandang ke Malang, mereka tidak mengirim suporternya, begitu pula jika Arema bertandang ke Surabaya.

Penghargaan yang pernah diraih oleh Aremania antara lain The Best Suporter pada Ligina VI tahun 2000 Oleh Ketum Agum Gumelar dan The Best Suporter pada Copa Indonesia II tahun 2006. Aremania kini sudah khas dengan nama Malang dan seakan menjadi daya tarik tesendiri di kota Apel.

2. Bobotoh

Bobotoh sebutan untuk pendukung Persib Bandung. Nama ini diambil dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain. Persib diklaim memiliki ratusan ribu hingga jutaan bobotoh yang tidak hanya berada di Bandung, yang terbesar adalah Viking dan Bomber.

Bobotoh setia mendampingi Persib ketika melakoni laga kandang dan tandang. Kenyataan ini bisa terlihat di dalam stadion yang dipenuhi oleh bobotoh ketika Persib bermain di kandang. Sementara sekelompok besar bobotoh selalu terlihat ketika Persib melakoni laga tandang.

3. Bonek mania

Bonek kependekan dari Bondho Nekat (Bahasa Jawa) sudah lekat dengan pendukung Persebaya Surabaya. Meski ada nama resmi untuk kelompok pendukung Bajul Ijo yaitu Yayasan Suporter Surabaya (YSS).

Nama Bonek pertama kali diperkenalkan oleh koran Jawa Pos sebagai apresiasi kepada suporter Persebaya yang berbondong-bondong mendukung timnya ke Jakarta dalam jumlah besar. Sejarah mencatat jika di Indonesia, Bonek adalah pelopor untuk mengiringi tim pujaannya bertandang ke kota lain, seperti halnya yang dilakukan suporter sepak bola Eropa.

Dalam perkembangannya, aksi tandang Bonek kini makin akrab dengan perkelahian dan kerusuhan. Padahal jika mengacu di tahun 1988, sekitar 25 ribuk Bonek yang datang ke Jakarta untuk mendukung final Persija vs Persija berlangsung damai, tanpa kerusuhan apapun.

4. Jakmania

The Jakmania sebutan untuk pendukung Persija Jakarta, markas dari kelompok pendukung ini berada di Stadion Lebak Bulus. Terbentuknya Jakmania ini muncul dari ide Manajer Persija kala itu, Diza Rasyid Ali, yang mendapat dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Sebagai pembina Persija, Sutiyoso memang pecandu bola dan ingin membangkitkan kembali persepak bolaan Jakarta.

Di awal dibentuknya The Jakmania hanya terdiri sekitar 100 orang, dengan pengurus sebanyak 40 orang. Dalam perkembangannya jumlah ini terus bertambah, hingga pengurus Jakmania menemukan momentum tepat saat tim nasional Indonesia berlaga jelang Piala Asia, mereka menyebarkan formulir di luar stadion.

Dengan makin banyaknya anggota yang mendaftar sekitar 7.200 anggota, dibentuklah Kordinator Wilayah. Dan sampai pendaftaran terakhir saat ini terdapat lebih dari 70.000 anggota dari 50 Korwil.

5. The Macz Man

Sebagai klub tertua di Indonesia, wajar jika PSM Makassar memiliki pendukung fanatik. PSM yang juga dijuluki Ayam Jantan Dari Timur memiliki sekitar 24 kelompok suporter, dan yang terbesar diantaranya adalah The Macz Man.

PSM Makassar merupakan salah satu tim terkuat di Indonesia dan telah mewakili Indonesia dalam Liga Champions Asia dua kali. PSM Makasar merupakan tim dengan catatan prestasi paling stabil di pentas Liga Indonesia, dengan sekali menjadi juara, empat kali runner up, dan hanya sekali gagal masuk putaran final.PSM Makassar adalah tim tertua di Indonesia.

6. Pusamania

Lahirnya Pusamania tak lepas dari keinginan komunitas fanatik Samarinda dan animo mereka yang luar biasa kepada sepak bola. Usaha mereka untuk menunjukan jati diri sebagai supporter Samarinda adalah tiang pancang berdirinya Pusamania yang merupakan singkatan dari Putra Samarinda Mania.

2 komentar:

  1. Best sports toto in the US in 2021 | Sporting100
    As the sports betting industry is 김해 출장마사지 growing and 사설 토토 사이트 the media industry is expanding, the sports 청주 출장마사지 betting industry is 계룡 출장샵 seeing 군포 출장마사지 tremendous growth and the

    BalasHapus

Followers

Blogger templates

Kursor bertabur bintang